Sabtu, 11 Januari 2014

jenis pondasi yang dipakai dalam bangunan

Membuat pondasi rumah adalah hal yang wajib dalam membangun sebuah rumah yang utuh agar bangunan berdiri kuat dan memiliki dasar peyangga yang baik, pondasi bangunan bisa kita kelompokan menjadi dua macam yakni pondasi dangkal dan dalam, dari tipe pondasi bangunan tersebut masih dipilah-pilahkan lagi serta dapat dipilih sebagai dasar dari pembangunan rumah kita, dan berikut ini berbagai macam bangunan pondasi berdasarkan kedalamannya.

Pondasi dangkal
Pondasi dangkal biasanya dipakai untuk bangunan yang tidak terlalu berat seperti rumah tinggal, pos ronda, toko, dan sebagainya. macam-macam pondasi dangkal diantara lain :

  • Pondasi batu kali merupakan sekumpulan batu alam yang ditata dengan bentuk  dan ukuran tertentu menggunakan bahan pengikat adukan.

  • Pondasi foot plat dibuat dari bahan beton bertulang  jenis pondasi yang sering digunakan oleh sebagian orang terutama gedung lantai dua ialah jenis pondasi telapak atau dikenal dengan nama foot plan.

  • Pondasi cakar ayam hampir sama dengan foot plat namun terdapat penambahan perkuatan dibawahnya.

  • Pondasi umpak dari beton umumnya dipakai pada bangunan sederhana yang terbuat dari bahan-bahan sebagai berikut :
    1. Pasangan batu yang disusun meningkat 
    2. Pasangan batu kali
    3. cor beton tidak bertulang 
    4. Batu alam yang dibuat dari umpak


  • Pondasi rollag terbuat dari pasangan batu bata dan bahan pengikat campuran adukan pasir, semen, serta air dengan perbandingan campuran tertentu.


Pondasi dalam 

Pondasi dalam di khususkan untuk bangunan yang mempunyai berat yang tidak biasa dan membutuhkan pondasi yang benar-benar kokoh seperti gedung bertingkat tinggi, jembatan bentang lebar dan bangunan sejenis lainnya, dan berikut ini yang termasuk pondasi dalam :

  • Pondasi tiang pancang yang terbuat dari beton berbentuk penampang lingkaran, segitiga atau persegi dengan panjang tiang pancang perbuah berkisar antara 10m sampai 30m.Pembuatan pondasi tiang pancang di pabrik kemudian dikirim ke lokasi pembangunan untuk dilakukan pekerjaan pemancangan dengan cara menancapkannya ke tanah bumi.

  • Pondasi bore pile hampir sama dengan tiang pancang namun pondasi bore pile dibuat di tempat dengan cara melakukan pengeboran tanah kemudian memasukan tulangan diakhiri dengan pengecoran beton.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar